KEWENANGAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DALAM PELAYANAN TERPADU SATU PINTU UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG SEJAHTERA

rahmad riadi siagian

Abstract


Kunci keberhasilan good governance berada pada kualitas pelayanan publik tak terkecuali di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang memberikan pelayanan publik bersifat terpadu satu pintu. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kewenangan pemerintah kabupaten/kota dalam pelayanan terpadu satu pintu menurut sistem  hukum Indonesia? dan bagaimana kewenangan pemerintah kabupaten/kota yang ideal dalam pelayanan terpadu satu pintu yang dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan adanya keluhan para investor ketika akan melakukan Penanaman Modal di Kota Medan diantaranya belum adanya peraturan daerah yang mengatur tentang pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal, dalam upayanya untuk menarik investor serta adanya perubahan ketentuan dan peraturan di bidang pananaman modal yang sangat  cepat dari pemerintah pusat sehingga membuat schedule /timeline business menjadi terkendala yang berujung pada kerugian para investor itu sendiri.  Pelayanan perizinan dengan sistem terpadu satu pintu membuat waktu pembuatan izin menjadi ideal dan lebih singkat diantaranya pengurusan administrasi berbasis teknologi informasi, dan administrasi bisa dilakukan simultan. Dengan adanya kelembagaan pelayanan terpadu satu pintu, seluruh perizinan dan nonperizinan menjadi kewenangan kabupaten/kota dapat terlayani dalam satu lembaga.  


Keywords


Kewenangan Pemerintah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Masyarakat Sejahtera

References


Buku-Buku

Achmad Ali, Menguak Teori Hukum (Legal Theory) Dan Teori Peradilan (Judicialpridence) Termasuk Interpretasi Undang-Undang (Legisprudence), Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2012.

Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2011.

Ronny Haniatjo Soemitro, Metode Penelitian Hukum dan Jurumetri, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1990.

Jurnal

Dahyar Daraba, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik di Kabupaten Takalar”, Jurnal Administrasi Publik, 2015, Volume 5, No. 1.

Devitasari Nur Fadzilah Bisri, dan Hardi Warsono, Analisis Sistem Penanganan Pengaduan Pada Pelayanan Perijinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, Indonesian, Journal of Public Policy and Management Review, Universitas Diponegoro, 2013.

Mahendradi dan Ardiansyah, “Pemanfaatan E-Government Berbasis Website Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Perizinan Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Semarang)”, Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, Vol 7, Nomor 1, Maret 2022.

Mai Puspadyna Bilyastuti, “Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo Dengan Sijitu (Sistem Informasi Perizinan Terpadu)”, Jurnal Reformasi, Volume 9 Nomor 1, 2019.

Purwanto, “Restrukturisasi Pelayanan Perizinan Untuk Menciptakan Pelayanan Publik Yang Lebih Baik”, Jurnal Spektrum Hukum, 2019.

Rizki Pratiwi, dkk, Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang, Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, Vol. 1, N. 2, September 2020.

Sri Soemantri, M, Bunga Rampai Hukum Tata Negara Indonesia, Alumni, Bandung, 1992, hlm. 29-30, sebagaimana dikutip oleh Irfan Fachruddin, Pengawasan Peradilan Administrasi Terhadap Tindakan Pemerintah, Alumni, Bandung, 2004.

Stefanus Mufrisno dan Roy Valiant Salomo, “Analisis Kelembagaan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dki Jakarta Institutional Analysis Of Capital Investment And Integrated Service Services, Dki Jakarta”, Journal of Public Administrative Studies, Volume 3 - No. 1 – April 2020.

Sukur Suleman dan Rahmat Abd Fatah, “Optimalisasi Kualitas Pelayanan Perizinan Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate”, Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, April 2021, Volume 7, Nomor 1.

Yuli Tirtariandi El Anshori, Enceng dan Anto Hidayat, “Implementasi Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu”, Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 12, Nomor 4, Januari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.59017/setara.v4i1.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Online ISSN (e-ISSN) : 2963-1297
Printed ISSN (p-ISSN) : 2655-2264


SETARA has been Indexed By :
 
Google Scholar  Garuda



Flag Counter

 

Copyright © Universitas Bung Karno SETARA : Jurnal Ilmu Hukum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.