PENEGAKAN KEADILAN TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA TANPA HAK MENDISTRIBUSIKAN DOKUMEN ELEKTRONIK YANG MEMILIKI MUATAN PENGHINAAN ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK

harianto HARIANTO

Abstract


Banyaknya jenis tindak pidana baru yang muncul akibat kemajuan teknologi menimbulkan kerugian yang sangat besar, baik secara materil maupun imaterial sebab kejahatan ini bersifat kejahatan transnasional, yaitu kejahatan yang bersifat lintas batas territorial, dan kejahatan baru ini sangat berdampak pada dunia usaha. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah yuridis normatif, dimana penulis hanya mengkaji aturan hukum sesuai tujuan yang dicapai penulis berdasarkan fakta-fakta yang terjadi berkaitan dengan penelitian ini. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini fokus kepada bagaimana efektifitas hukum tindak  pidana dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik, dan bagaimana penegakan keadilan tindak pidana dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik. Dengan harapan agar efektifitas hukum penegak hukum dapat berjalan sesuai mandat Undang-Undang, sehingga dapat mempertahankan dan melindungi masyarakat dalam pergaulan hidup khususnya dalam informasi dan transaksi elektronik. Dan adanya penegakan keadilan terhadap pelaku pencemaran nama baik berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


Keywords


Keadilan, Tindak Pidana, Pencemaran Nama Baik

References


Arie Ade Sam Indradi, Carding-Modus Operandi, Penyidikan dan Penindakan, Grafika Indah, Jakarta, 2006.

Djafar Wahyudi dan Zainal Abidin, Membelenggu Ekspresi: Studi Kasus Mengenai Praktik Pemblokiran/Penyaringan Konten Internet Dan Kriminalisasi Pengguna Internet di Indonesia, ELSAM, Jakarta, 2014.

Supriyadi Widodo Eddyono, Problem Pasal Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik di Ranah Maya, ELSAM, Jakarta, 2014.

Ahmad S. Daud, Kabijakan penegakan Hukum Dalam Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Teknologi Informasi, Jurnal Lex Crimen, Vol. 2, No. 1, Januari-Maret 2013.

Anna Rahmania Ramadhan, Pencemaran Nama Baik Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, Jurnal Kajian Hukum Dan Keadilan IUS, Vol. 3, No. 9, Desember 2015.

Bunga Upe, Haerani Husainy, Abd. Malik Bram, Tinjauan Yuridis Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pengadilan Negeri Palu), Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 2, No. 1, Oktober 2019.

Didik Suhariyanto, Problematika Perppu Kondisi Negara Dalam Keadaan Darurat Dalam Sistem Hukum di Indonesia, Jurnal US Law Rieview, Vol. 1, No. 1, 2021.

Elan, Ampuan Situmeang, Junimart Girsang, Efektivitas Undang-undang ITE Dalam Menangani Ujaran Kebencian Melalui Media Sosial di Kota Batam, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 10, No. 3, September 2022.

Furhamdi Riaki, Nelvitia Purba, Tinjauan Yurisid Terhadap Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik di Facebook Pada Kabupaten Simeulue, Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora JUSTITIA, Vol. 9, No. 2, Tahun 2022.

Mahrus Ali, Pencemaran Nama Baik Melalui Sarana Informasi Dan Transaksi Elektronik (Kajian Putusan MK No. 2/PUU-VII/2009), Jurnal Konstitusi, Vol. 7, No. 6, Desember 2010. Nur Sa’idatul Ma’nunah, Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Perspektif Hukum Islam, Jurnal Hukum Islam Al-Jinayah, Vol. 3, No. 2, Desember 2017.

Nusantara Targian, Marzuki, Marlina, Tindak Pidana Mendistribusikan Informasi Elektronik Dan Dokumen Elektronik Yang Memuat Penghinaan Dan Pencemaran Nama Baik (Studi Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 510/K/Pid.Sus/2020), Jurnal Meta Hukum, Vol. 1, No. 1, November 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.59017/setara.v4i1.402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Online ISSN (e-ISSN) : 2963-1297
Printed ISSN (p-ISSN) : 2655-2264


SETARA has been Indexed By :
 
Google Scholar  Garuda



Flag Counter

 

Copyright © Universitas Bung Karno SETARA : Jurnal Ilmu Hukum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.