IMPLEMENTASI VARIATION ORDER SEBAGAI KLAUSUL DERIVATIF TERHADAP RUANG LINGKUP TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK TERKAIT DENGAN KEBERLANGSUNGAN DAN PELAKSANAAN PERJANJIAN

Puguh Aji Hari Setiawan

Abstract


Dalam pelaksanaan kontrak konstruksi sering terjadi perubahan. Perubahan tersebut sangat lumrah terjadi karena keinginan dari Pengguna Jasa yang timbul selama pelaksanaan dari suatu proyek konstruksi yang disebabkan antara lain karena diinginkannya perubahan lingkup pekerjaan, perubahan spesifikasi teknik, perubahan jenis material, perubahan perencanaan arsitektural, perubahan metode kerja, percepatan pekerjaan, dan lain-lain.Variation Ordersebagai klausul derivative akan berkedudukan sebagai suatu rujukan atas adanya perubahan tertentu atas klausul kontrak awal. Kemungkinan atas adanya perubahan tersebut memang seolah-olah dilembagakan oleh para pihak. Namun demikian, ruang lingkup perubahan dan implementasinya terkadang belum dapat dipastikan pada tahap awal pembuatan kontrak. Selaras dengan salah satu syarat sahnya perjanjian sesuai dengan Pasal 1320 KUHPer ayat (3), yaitu mengenai “hal tertentu”, maka ketidakpastian atas perihal tertentu dari kontrak dapat menimbulkan potensi masalah atau setidak-tidaknya menimbulkan multi penafsiran. Dalam praktik dan perkembangannya, meskipun Variation Order telah dilembagakan oleh para pihak untuk mengakomodir berbagai perubahan yang mungkin terjadi terhadap kontrak awal, namun tetap saja berpotensi besar terhadap adanya permasalahan atau sengketa. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan penafsiran atas ruang lingkup pelaksanaan perubahan, administrasi kontrak yang kurang cermat, prosedur pengajuan Variation Order yang tidak sesuai, profesionalisme para pihak yang kurang, dan lain-lain. 

Kata KunciVariation Order, perjanjian, tanggungjawab para pihak

References


Buku

Alwasilah, Chaedar. Pokoknya Kualitatif:Dasar-Dasar Merancang Dan

Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya, 2003.

Basrowi & Sudikin. Metode Penelitian Kualitatif – Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia, 2002.

Black, Henry Campbell, M.A., Black’s Law Dictionary 6th Edition, St.Paul, Mn, Usa: West Publishing Co., 1993.

Kusumohamidjojo, Budiono.Dasar-Dasar Merancang Kontrak, Jakarta:

Grasindo, 1998.

Margono, Suyud, Adr: Alternative Dispute Resolution & Arbitrase: Proses Pelembagaan Dan Aspek Hukum, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2000.

Rajagukguk, Erman, Arbitrase Dalam Putusan Pengadilan, Jakarta: Chandra Pratama: 2000.

Widjaja, Gunawan & Ahmad Yani, Hukum Arbitrase, Jakarta: Rajawali Press, 2000.

Yasin, H. Nazarkhan, Mengenal Klaim Konstruksi Dan Penyelesaian Sengketa Konstruksi , Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Yasin, Nazarkhan. Mengenal Kontrak Konstruksi Di Indonesia. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Makalah

Satjipto Rahardjo,.“Paradigma Ilmu Hukum Indonesia Dalam Perspektif Sejarah” (Makalah Yang Dibawakan Dalam Simposium Paradigma Dalam Ilmu Hukum Indonesia Pdih Undip, Semarang, 10 Pebruari 1998).

Peraturan Perundang-Undangan

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi




DOI: http://dx.doi.org/10.59017/setara.v1i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Online ISSN (e-ISSN) : 2963-1297
Printed ISSN (p-ISSN) : 2655-2264


SETARA has been Indexed By :
 
Google Scholar  Garuda



Flag Counter

 

Copyright © Universitas Bung Karno SETARA : Jurnal Ilmu Hukum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.