STRATEGI KOMUNIKASI APARAT DESA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pembinaan Kegiatan Usaha Ekonomi ProduktifDesa Cinangka Kecamatan Ciampea)

Daden Fikruzzaman

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi aparat desa Cinangka dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pembinaan usaha ekonomi produksi dan diketahui strategi yang digunakan adalah dengan pendekatan komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh aparat desa melalui kegiatan pembinaan dan penyuluhan usaha ekonomi produktif yang disesuaikan dengan minat dan skill yang dimiliki oleh masyarakat desa cinangka. Dari hasil pembinanaan dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan terdapat 2 golongan masyarakat. Yang pertama masyarakat golongan remaja yang cenderung sudah di persuasif dan yang kedua adalah masyarakat golongan dewasa yang menjadi sasaran keberhasilan pembinaan usaha ekonomi produktif. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan usia, lingkungan dunia maya, pola pikir tentang orientasi kesuksesan dan kesejahteraan hidup dan beban hidup yang di tanggung. Sehingga dari hasil komunikasi persuasif yang di lakukan dalam kegiatan pembinaan tersebut yang mencapai sasaran pemberdayaan hanya golongan masyarakat dewasa dan itu cukup besar dibandingkan dengan golongan remaja. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggukan strategi komunikasi persuasif aparat desa berhasil melakukan pemberdayaan pembinaan usaha ekonomi produktif terhadap masyarakat di Desa Cinangka. Kata Kunci: strategi komunikasi, pemberdayaan, usaha ekonomi produktif

Full Text:

708-719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.