Proses Komunikas iKomedi Minangkabau Di Sosial Media (Studi Kasus Channel Youtube Praz Teguh)

Mar’ie Muhammad Fadhil Evzamir, Achmad Rizki Edinbur

Abstract


Abstract

The phenomenon of the presence of social media as a result of the development of information and communication technology is indeed extraordinary. With a variety of services that can be used, social media has changed the way we communicate in the community, nation and state of Indonesia. The existence of today's communication media is a necessity that cannot be released by humans. Therefore, various means of communication have emerged which are expected to accelerate the process of disseminating information. Social media like today is the era of public information disclosure, the era of free opinion in public, the era of digitalization of communication media. Currently, it is too free so that hoax news often appears and affects the audience and communication at the time of interaction also changes. Social Media as a form of effective communication to the audience now, later and tomorrow, One example is social media which is often used by elements of society, the nation and the state of Indonesia. The presence of social media even has an impact on the way we communicate in all fields, such as the teaching and learning process, namely through zoom meeting. Delivery of messages basically must have a medium in conveying it but technological advances make it easier for us to get more information, in this study the author wants to examine the delivery of messages through one of the media, namely Youtube, where advanced developments make people want unique and unique information. entertaining, which can provide complete information but still in an entertaining context, in this study I tried to examine the delivery of messages through Youtube media which was wrapped with cultural elements and presented in the context of comedy that provided information and also entertained.

Keywords: Youtube Media, Padang Angkot, Comedy Communication

 

Abstrak

 

Fenomena kehadiran media sosial sebagai akibat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang luar biasa berkembang dengan maju. Dengan berbagai layanan yang dapat digunakan, media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi di masyarakat , berbangsa dan bernegara Indonesia. Keberadaan media komunikasi saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan oleh manusia. Oleh sebab itu, bermunculan berbagai sarana komunikasi yang diharapkan mampu mempercepat proses penyebaran informasi. Media sosial seperti sekarang ini era keterbukaan informasi publik , era bebas berpendapat dimuka umum , era digitalisasi media komunikasi. Saat ini sangat terlalu bebas sekali sehingga sering muncul berita hoax dan berpengaruhi khalayaknya serta komunikasi pada saat interaksi pun ikut berubah. Media Sosial sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini , nanti dan esok,Salah satu contohnya media social yang sering digunakan oleh elemen masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.Kehadiran media sosial bahkan berdampak pada cara kita berkomunikasi di segala bidang,seperti proses belajar mengajar yaitu melalui zoom meeting. Penyampaian pesan pada dasarnya harus memiliki sebuah media dalam menyampaikannya akan tetapi kemajuan teknologi mempermudah kita untuk mendapatkan sebuah informasi yang lebih, dalam penelitian ini penulis ingin meneliti penyampaian pesan melalui salah satu media yaitu Youtube, di mana perkembangan yang maju membuat masyarakat menginginkan informasi yang unikdan menghibur, yang dapat memberikan informasi secara utuh namun masih dalamkonteks menghibur, dalam penelitian ini saya mencoba meneliti tentang penyampaian pesan melalui media Youtube yang dibalut dengan unsur budaya dan disajikan dalam konteks komedi yang menyajikan informasi dan juga menghibur.

 

Kata kunci : Media Youtube, Angkot Padang, Komunikasi Komed


Full Text:

492-517

References


Daftar Pustaka

Buku

Alwasilah,2006 A. Chaedar, pokoknya kualitatif, Jakarta: Dunia pustaka jaya,

Basrowi,Dkk,2008 memahami penelitian kualitatif, Jakarta:Rineka Cipta

Cangara, Hafied, 2014 Komunikasi Politik, Konsep, Teori dan Strategi, Jakarta: Rajawali Pres,

Denis McQuail,1992,Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, hal. 71

Effendy, Onong Uchjana,2017 Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung: Rosda

Jalalludin Rakhmat,1985 Metode Penelitian Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, hal.

M Nisrina. 2015,Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: kobis

Mcquil, Denis,2011 Teori Komunikasi Massa Mc Quil, Jakarta: Salemba Humanika,

Moleong, Lexy J, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Mulyana, Deddy,dkk 1993. Komunikasi Antarbudaya, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2003,Metodologi penelitian kualitatif paradigma baru ilmu komunikasi dan

ilmu sosial lainnya. Bandung:Remaja Rosdakarya

Nurdin,2009, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Rajawali Pers

Papana, R.2012, Kiat Tahap Awal Belajar Stand Up Comedy Indonesia-Kitab Suci.Jakarta:

Mediakita.

Pragiwaksono, Pandji.2012 Merdeka Dalam Bercanda. Jakarta: Bentang

Robert K.Yin, “STUDI KASUS (DESAIN & METODE), Raja Grafindo Persada, Jakarta 2015,

hlm:1

Rachmat, Kriyantono. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, hlm 43

Robert K.Yin “Studi Kasus Design dan Metode”, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, Cetakan

ke-11, 2012, hal. 1

Robert K. Yin, Studi Kasus (Desain dan Metode) PT. Grafindo Persada, Jakarta, 2002 hal. 46

Sugiono,2016 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta,

Syaefudin Sa’ud, Udin,2014 Inovasi Pendidikan, cet ke-VII Bandung: Alfabeta,

Sumber jurnal :

Restu Tea Dinata. 2019. Peran Instagram D M Nisrina. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial

Dalam Meaup Uang. Yogyakarta: kobis 2015

Alam Berdakwah Di Kalangan Milenial (Studi Deskriptif Oleh Ustadz Khalid Basalamah).

Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Bung Karno. Jakarta Pusat.

Rizky Prima Ananda. 2020. Kegunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah

(Komunikasi Dakwah Pada Akun @shifmedia). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik. Universitas Bung Karno. Jakarta Pusat.

Sumber Internet

www.boombastis.com, Angkot Padang, Transportasi Terkeren yang Dilengkapi Dengan TV,

CCTV, Serta Mini Bar.

www.jurnalistravel.com, Budaya Pop Angkot Kota Padang, 22 Februari 2021

https://sociabuzz.com/praz_teguh

https://www.gurupendidikan.co.id/budaya/ (diakses pada senin 2 agustus 2021 pada

jam01:00WIB)

https://actconsulting.co/bagaimana-pendekatan-budaya-komunikasi-organisas/ (diakses Pada

senin 2 agustus 2021 Pada jam 01:23)

https://www.nesabamedia.com/pengertian-youtube/akses pada pukul 12.31 WIB Tanggal 12

Oktober 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.