PERKEMBANGAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP INVESTASI SYARIAH YANG BERKEMBANG DI INDONESIA

Andry Dwiarnanto, Nugrah Dovristyadi

Abstract


ABSTRAK

Investasi merupakan solusi yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan. Salah satu produk keuangan yang cukup populer ialah saham syariah. Namun, baru-baru ini terjadi kasus investasi bodong ini ternyata juga membawa beberapa nama influencer Indonesia. Tentunya para korban mempunyai faktor penyebab terjerat investasi bodong sehingga menjadi minat untuk  investasi. Dengan begitu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, sistem online trading syariah dan motivasi terhadap minat berinvestasi pada saham syariah di Indonesia, Investasi merupakan bagian dari suatu system yang  digunakan untuk mengelola keuangan. Salah satu produk keuangan yang cukup populer ialah saham syariah.[1] Namun, seperti yang dijelaskan diatas bahwa banyak investasi yang mengarahkan kepada suatu investasi yang tidak memiliki dasar hukum dan legalitas yang jelas.  Tentunya para korban mempunyai faktor penyebab terjerat investasi bodong sehingga menjadi minat untuk  investasi . Dengan begitu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, sistem online trading syariah dan motivasi terhadap minat berinvestasi pada saham syariah di galeri investasi. Tingkat ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap produk investasi sudah mencapai pada tingkat yang cukup tinggi, sehingga banyak pihak yang sudah sadar akan produk investasi yang berbasis dalam bentuk saham. Saham pada umumnya dapat diperdagangkan pada bursa efek Indonesia, dan setiap emiten yang berdagang di Bursa Efek Indonesia telah mempunyai kepastian dan legalitas yang sangat jelas dan di awasi oleh pihak yang berwenang pada bidangnya dan terdaftar.

Kata kunci : Masyarakat, investasi syariah dan wadah untuk berinvestasi.

 

ABSTRACT

Investment is a solution that can be used to manage finances. One of the financial products that is quite popular is Sharia shares. However, recently this fraudulent investment case also turned out to have brought the names of several Indonesian influencers. Of course, the victims have factors that cause them to get caught in fraudulent investments so that they become interested in investing. In this way, this research is aimed at finding out the influence of investment knowledge, sharia online trading systems, and motivation on interest in investing in sharia shares in Indonesia. Investment is part of a system used to manage finances. One of the financial products that is quite popular is Sharia shares. However, as explained above, many investments lead to investments that do not have a clear legal basis and legality. Of course, the victims have factors that cause them to get caught in fraudulent investments so that they become interested in investing. In this way, this research is aimed at finding out the influence of investment knowledge, sharia online trading systems, and motivation on interest in investing in sharia shares in the investment gallery. The level of interest of the Indonesian people in investment products has reached a fairly high level so many parties are already aware of investment products based in the form of shares. Shares can generally be traded on the Indonesian Stock Exchange, and every issuer that trades on the Indonesian Stock Exchange has very clear certainty and legality is supervised by authorities in their field, and is registered.

 

Keywords: Community, Sharia investment and forum for investment.

 


References


Ardian Sutedi, Pasar Modal Syariah. Cet. 1. Jakarta: Sinar Grafika (2011)

Muhamad, Dasar-dasar Keuangan Islam, Yogyakarta: Ekonisia, 2004, hlm.75

Ali, Mohd Salsiah, Norman Mohd Salleh, and Mohamat Sabri Hasan. Ownership Structure and Earning Management in Malaysia Listed Company: The Size Effect. Asian Journal of Business and Accounting, 1 (2) : 89-116, 2008.

Ardison, Kym Marcel M. Antonio Martinez and Fernando Galdi.

The Effect of Leverage on Earning Management in Brazil, Advanced in Scientific and Applied Accounting, 5 (3): 305-324, 2012.

Amiruddin, H. Zainal Asikin, Pengantar Metode penelitian Hukum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006, hlm.118

Beneish, M. D. Earnings Management: A Perspective. Kelley School of Business. Indiana University, 2001.

Darmadji, Tjiptono & Hendy M Fachruddin. Pasar Modal Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta : Salemba Empat, 2000.

Dede, Abdul Fatah. Perkembangan Obligasi Syariah (Sukuk) Di Indonesia, Jakarta : Al-‘Adalah, 2011.

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan (Jakarta: LP FEUI, 2001), h. 268

H. Abdul Manan, Hukum Ekonomi Syariah Dalam Perspektif kewenangan Peradilan Agama,(Jakarta: KENCANA, 2012), h.168

Jogiyanto, Hartono. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE, 2014

Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Jakarta : Kencana Prenada Group, 2007, hlm.3

Rifatin Cholidia, “Perilaku Investor dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Pasar Modal”, Skrispi, (Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung, 2017), h. 11.

Salim HS dan Budi Sutrisno,hukum Investasidi Indonesia,Aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber (dana), yang dipakai untuk mengadakan barang modal pada saat ini dan dengan barang modal akan dihasilkan aliran produkbaru di masa yang akan dating., ( Jakarta Rajawalipress, 2008.Hal 31)

Sholihin, Ahmad Ifham, Ahmad. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT Gramedia, 2010.

WWW.IDX.CO.ID, 20 Desember 2023, 14.35 WIB.

WWW.MUI.GO.ID, 20 Desember 2023, 15.40 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.61802/if.v2i1%20Juni.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Online ISSN (e-ISSN) : 2963-346X


IUS FACTI
has been Indexed By :
 
Google Scholar  Garuda



Flag Counter 

Copyright © Universitas Bung Karno IUS FACTI : Jurnal Berkala Fakultas Hukum

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.